Apa Itu GNU/Linux ?

Sebelum kepembahasan saya akan menjelaskan terlebih dahulu kenapa saya memilih tema yang berkaitan dengan GNU/Linux, alasanya yang pertama saya memang hoby atau sangat tertarik baca artikel, baca sekaligus mempraktekan tutorial konfigurasi dan ngulik-ngulik sistem operasi ini sejak sekolah. Awalnya saya mempraktekan tutorial konfigurasi services yang ada di Debian 5 tanpa memahami konsep perintah-perintah dasar pada sistem operasi ini, perintah-perintah dihapal tapi tidak mengerti logika atau konsepnya seperti apa dan itu menurut saya sendiri salah makadaritu saya belajar dari dasar sekarang dan apa yang saya dapatkan saya ingin sharing lewat sini. Alasan yang kedua, saya ingin mengajak kepada orang-orang pengguna os bajakan untuk bermigrasi ke sistem operasi free, selagi ada yang free kenapa harus pake yang bajakan/ilegal. Jangan menganngap sistem operasi GNU/Linux dan distribusi lainnya itu ribet, anda menganggap ribet karena anda belum terbiasa, apa salahnya belajar sampe terbiasa.Dimulai dari dualboot dulu baru full gausah pake yang bajakan lagi, saya aja masih pake dualboot kok soalnya saya masih belajar hehe .

gnu

getgnulinux.org

Oke, sekarang langsung ke pembahasannya. Apa itu GNU/Linux ? Mungkin untuk menjelaskannya saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu GNU. GNU adalah sistem operasi freeware, pengembangannya dimulakan oleh Richard Stallman dan fokus asli Free Software Foundation. GNU termasuk sistem operasi UNIX-like, GNU memang kloningan dari UNIX namun GNU sama sekali tidak mengandung souces code UNIX, makadari itu namanya merupakan akronim berulang GNU’s Not Unix (GNU).

Sekarang Linux itu apa ? Kebanyakan orang menyebut Linux itu sistem operasi, tapi menurut saya itu kurang tepat. Karena setau saya Linux itu nama kernel, kernel linux dikembangkan oleh Linus Torvald dengan merujuk sistem operasi Minix, Linus Torvald dan para pengembang lainnya melakukan porting (penyesuaian) agar kernel yang dibuat bisa cocok dengan komponen GNU.

Jadi singkatnya GNU/Linux itu sebuah sistem operasi UNIX-like yang mengimplementasikan standar POSIX hasil dari porting antara kernel Linux dan sistem operasi GNUdan tentunya sistem operasi yang gratis.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, maaf bila ada kesalahan dan terlalu banyak basa-basi nya karena ini postingan atau pembahasan pertama .

Leave a Reply

